Cara Mematikan wifi.id pada Modem Speedy Telkom

Kalau anda menggunakan layanan Telkom Speedy untuk koneksi internet anda maka pasti ditawarkan bundling dengan modem WiFi supaya bisa memakai jaringan hotspot di rumah. dan dipastikan ada multi user login. Hal termudah untuk melihat adalah bilamana kita login ke modem kita (192.168.1.1 atau 192.168.1.254) akan terlihat logo telkom.


Saat anda mengaktifkannya Wifi maka pasti akan ada 2 jaringan WLAN yang muncul, yaitu nama SSID yang anda buat sendiri dan satunya adalah Speedy Instan@wifi.id atau menggunakan nama SSID lain yang diakhiri @wifi.id.  Akibatnya kecepatan internet pelanggan sedikit banyak terpengaruhi oleh kehadiran pengguna lain yang mengakses SSID modem, sebab semua pengguna yang terhubung menggunakan bandwidth yang sama.

Tapi jangan cemas, jika Anda salah satu pelanggan Speedy dan merasa terganggu, maka caran menonaktifkan wifi.idya sebagai Berikut:

1. Aktifkan Telnet

 Pertama pastikan Telnet Anda sudah aktif, jika belum coba buka Control Panel – Uninstall Program.

Kemudian klik Turn Windows features on or off.

Beri centang pada opsi Telnet Client dan Telnet Server lalu klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

2. Menghilangkan wifi.id dari modem Speedy 
Sekarang baru kita mulai proses menghilangkan Wifi.id dari modem Speedy, klik tombol Start – Accessories – Command Prompt atau klik tombol Start kemudian ketikkan cmd di kotak pencarian, nanti akan muncul hasil pencarian, klik cmd.


Jika Command Prompt berjalan di komputer maka ketikkan Telnet (spasi) IP default modem, contoh: Telnet 192.168.1.1 dan tekan enter. IP addresss ini berlaku untuk semua modem.
 

Kemudian ketikkan kata sandi atau password, default-nya “admin” tanpa tanda petik lalu tekan enter. Umumnya semua modem Speedy menggunakan sandi yang sama, selama belum dirubah. Sebaiknya jangan dirubah, jika lupa yang Anda dapatkan nanti hanya masalah.

Jika muncul merk modem di panel program, berarti Anda sudah sukses masuk ke dalam sistem modem. Lanjutkan dengan mengetik rt setbssidnum 1 lalu tekan enter.

Jika berhasil Anda akan melihat pesan seperti ini.

Hasilnya sekarang seperti ini.

Selamat Mencoba



Artikel Terkait , , , , , ,